Kurikulum Pendidikan TK di Korea Selatan

Keberuntungan dan benefit studi di Luar Negeri salah satunya adalah anak kita bisa merasakan juga bagusnya kualitas pendidikan di negara maju. Selama buah hati menemani studi di korea alhamdulilah ia juga mendapatkan kesempatan belajar sistem pendidikan di Korea. Pada saat melangkahkan kaki pertama di Korea Selatan Anak sudah berumur 3,5 tahun Indonesia atau 4,5 tahun umur Korea Selatan. Sistem penghitungan Umur Korea Selatan lebih 1 tahun karena pada masa hidup di kandungan ibu juga di hitung. Umur pertama pendidikan di Korea minimal 3 tahun Korea untuk program pendidikan yuciwon atau TK. Alhamdulilah mulai tahun 2022 juga Sekolah TK di Kota Gwangju atau yuciwon Biayanya GRATIS. 

Yuciwon di Korea selatan ada yang Negeri dan Swasta pada tulisan ini saya hanya membahas kurikulum pendikan yang ada di Sekolah TK Negeri karena anak bersekolah di Sekolah Negeri. Sekolah TK Pendaftaran di mulai pada Bulan November dan mulai Masuk Bulan Maret. Beberapa Sekolah ada yang kelasnya di bagi berdasarkan umur yaitu Umur 3, 4, 5, dan 6 tahun. Setiap kelas memiliki kapasitas maksimal siswa yaitu 7-8 siswa. Guru dalam satu kelas sebanyak 2 guru dan beberapa guru fokus pada ketrampilan lain seperti Olahraga, kesenian, ketrampilan dan Bahasa. Beberapa sekolah ada yang kelasnya di campur. Sang buah hati alhamdulilah masuk di kelas Campuran. Kurikulum pendidikan di TK korea mengedepankan Poin-Poin Berikut :

1. Life Skill seperti Disiplin menyikat gigi(di korea gosok gisi setiap makan menjadi budaya), Setiap selesai bermain harus mengembalikan mainnya di tempatnya sehingga kelas selalu rapi dan guru tidak pernah bertugas merapikan kelas. Menaruh tas dan sepatu di tempatnya. Melihat sistem pendidikan TK ini membuat saya percaya bahwa Budaya displin dan kerapian ini yang diajarkan sejak kecil sehingga negara Korea bisa semaju sekarang.

2. Aktifitas Fisik seperti Olahraga dan Kegiatan bermain di Taman. Memacu gerak motorik kasar dan halus anak. 

3. Menganal Bahasa Korea, dan  Bahasa Inggris Memberikan wawasan Kosa Kata tentang bahasa

4. Ketrampilan Seni untuk mengembangkan Kreatifitas. Setiap minggunya ada project project seni dan karyanya boleh di bawa pulang.

5. Saling menghargai sesama teman, Meskipun Nusaibah memakai Jilbab dan bawa makan sendiri untuk menjaga kehalaln makanan yang dimakan tapi teman sekalasnya pada baik semua kepada nusaibah. Lingkungan kelas seperti Keluarga kak dan adik saling mengayomi. Pada kasus pertama kali Nusaibah sekolah yang menenangkan dan menghibur nusaibah adalah oeni-oeninya di kelas mengajak dia main hingga ketawa. a; hasil sekarang Nusaibah ketagihan untuk sekolah.

Kerennya Kurrikulum ini sama diterapkan ke semua sekolah di Korea Selatan tidak ada perbedaan antar sekolah. Berikut ini Kegiatan-Kegiatan yang dilakukan Anak di sekolah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.