BIBLIOBATTLE Kompetisi KEMENTRIAN PERTANIAN

Pengalaman Pertama Mengikuti BIBLIO Battle KEMENTAN

Pada Juli 2021 Saya mendapatkan informasi dari sebuah postingan Facebook teman sebuah kompetisi bernama BIBLIO BATTLE Kompetisi yang diadakan oleh Pusat perpustakaan dan penyebaran Teknologi Pertanian, Kementrian Pertanian. Kompetisi tersebut  merupakan sebuah kompetisi mereview buku secara lisan untuk menyambut Hari Kunjungan Perpusatakaan. Saya suka membaca buku sejak kecil dimana dulu awalnya saya sering mencari majalah bobo bekas di tumpukan kertas bungkus dagangan emak untuk aku baca. Membeli majalah dan buku sangat sulit bagi saya dengan kemampuan ekonomi yang serba pas-pasan. Mengunjungi perpusatakaan adalah kegemaranku di setiap istirahat kelas dari SD hingga SMA. Setiap minggu pasti meminjam buku-buku yang menarik untuk di baca. Background hobi membaca tersebut aku tertarik untuk mengikuti Kompetisi ini. 

Lomba Kementan

Apa Itu BIBLIO Battle

Bibliobattle sebenarnya merupakan pengembangan diskusi atau bedah buku yang dikemas dalam bentuk permainan yang dipertandingkan. Bibliobattle adalah buku review game sosial yang dikembangkan di Sekolah Pascasarjana Informatika di Universitas Kyoto di Jepang. Sebagai reviewer buku, kita bisa membawa buku favorit dan mempresentasikan tentang buku tersebut dalam waktu 5 menit, buku yang popular dan banyak peminatnya akan menjadi “Book of the day“. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk promosi perpustakaan dan bisa menumbuhkan minat baca masyarakat.

Bibliobattle ini dapat dilakukan antara lain dengan cara:

Pertama, beberapa buku (fiksi atau non fiksi) dipresentasikan oleh beberapa presenter lalu dilanjutkan tanya jawab. Setelah itu dilakukan pooling pemilihan buku terbaik. Kedua, beberapa presenter mempresentasikan isi buku yang menarik seperti novel, drama, politik dll. Kemudian dilakukan tanya jawab. Setelah itu dilakukan pooling mana presenter yang paling baik.
Banyak fungsi dan manfaat dari kegiatan bibliobattle antara lain:
1 Sebagai strategi promosi perpustakaan dalam productpricepromotion, dan
   place
2 Sebagai sarana interaksi dengan masyarakat umum
3 Meningkatkan pemanfaatan library resources
4 Sebagai media kolaborasi antara pendidik (dosen, guru,) dan mahasis/siswa 

Kesan Mengikuti BIBLIOBATTLE

Kesan dalam mengikuti Lomba ini sangat menarik sekali karena kita bisa bertemu dengan penggemar buku lainnya. Aku juga baru tau terdapat aplikasi I-Tani dimana kita bisa mengakses buku-buku gratis E-Book tentang pertanian melalui aplikasi tersebut. Aku kira presentasinya akan sedikit membosankan namun ternyata para peserta membawakan presentasinya dengan sangat menarik. Aku banyak mendapatkan Poin of view yang berbeda presenter. Berikut ini karya yang aku buat untuk mengikuti lomba BIBLIO Battle.

Tahapan Seleksinya berawal dari kita mengirimkan video tentang review buku kita kemudian nanti panitia akan memili 10 video terbaik untuk di presentasikan. Pada saat presentasi nantinya akan di tanya oleh juri dan peserta yang mengikuti. Setelah itu kita akan di tentukan peringkat pemenang review buku dari Juara1 hingga Juara 6. Alhamdulilah dari kagiatan ini saya juara 4. Pengalaman pertama dan kegiatan menarik sekali review Buku secara lisan ini.

Pengumuman BIBLIO Battle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.